EnglishIndonesian

200 Peternak Leces dan Wonomerto Kab. Probolinggo Ikuti Bimtek Budidaya Ternak

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 23 Mei 2021.

Sebanyak 200an orang peternak yang ada di Kecamatan Leces dan Kecamatan Wonomerto Kab. Probolinggo mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ternak yang digelar Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbangnak) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada Sabtu, 22 Mei 2021 di Aulau Kantor Desa Jorongan, Leces dan Gedung Serbaguna SDN I Sepuh Gembol, Wonomerto. Bimtek tersebut merupakan kelanjutan dari bimtek serupa sehari sebelumnya di Aula UPTD – IB Kec, Dringu.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dan dihadiri antara lain oleh Kepala Puslitbangnak Dr. drh. Agus Susanto, M.Si., Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo H. Andi Suryanto Wibowo, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Probolinggo Yahyadi SP. M.MA., Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur Dr. Catur Hermanto, Kepala Loka Penelitian Sapi Potong drh. Dicky M. Dikman, M.Phil. serta Forkopimka Leces dan Wonomerto.

Hadir pula narasumber yang memberikan materi pada bimtek tersebut adalah Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. (peneliti sapi) dan Komarudin, S.Pt. M.Sc. (peneliti ayam kampung).

Para peternak sangat antusias dalam menerima materi dari para narasumber yang dihadirkan Puslitbangnak. Bimtek ini memang salah satu upaya untuk melahirkan peternak yang handal dan sukses serta memiliki penghasilan yang lebih dalam mengelola peternakannya. Ini sebuah peluang emas bagi para peternak khususnya wirausaha ternak ayam kampung dan sapi yang ada di Leces maupun Wonomerto.

Hasan Aminuddin mengajak para wirausaha ternak untuk maju dan selalu meningkatkan hasil produktivitas ternaknya. Disampaikannya Komisi IV DPR RI memiliki komitmen untuk mendorong para wirausaha ternak untuk mampu mengelola budidaya ternaknya dengan baik dan memiliki hasil ternak yang berkualitas.

“Ikuti bimtek budidaya ternak ini hingga selesai dan ilmu pengetahuan yang didapatnya agar diterapkan dengan baik dalam usahanya. Semoga kegiatan ini membawa manfaat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Tetap semangat dan terus berjuang dalam mengelola budidaya ternak untuk meraih sukses,” harapnya.

Hal senada disampaikan Agus Susanto yang menyatakan dengan kegiatan bimtek ini merupakan sebuah peluang dan langkah untuk meningkatkan hasil produktivitas peternakan kedepannya. “Pengetahuan dan tips-tips yang diberikan narasumber sangat bermanfaat untuk mendorong meningkatkan (produktivitas) komoditas peternakan menuju sukses,” ujarnya.

Sedangkan Yahyadi menyatakan kegiatan bimtek budidaya ternak ini sangat penting untuk meningkatkan produktivitas peternakan di Kab. Probolinggo, khususnya Kecamatan Leces dan Wonomerto,. “Harapannya para peternak mengikuti bimtek ini dengan baik hingga selesai, pengetahuan yang didapat dari para narasumber dapat diterapkan dengan baik pada usahanya,” pungkasnya. (NH)

Bagikan Berita ini